Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Wednesday, June 05, 2013

Perpisahan di SMANSA


Teriknya matahari dan dinginnya hujan dilewati bersama dengan ikhlas,  Sebuah pengorbanan yang sangat besar oleh panitia dalam acara ini, kerja lembur tanpa belas kasih. Namun, “Dimana ada keinginan disitu ada jalan”, inilah sebuah kata motivasi dipegang teguh oleh para panitia perpisahan kelas XII SMAN 1 Pinrang Tahun Ajaran 2012/2013 yang tak lain merupakan siswa (i) kelas XI, merupakan siswa pilihan dan mempunyai loyalitas yang diberikan amanat untuk melaksanakan acara ini sebagamana mestinya. Pada tahun ini Pembina menerjunkan sebanyak 40 panitia.

Acara perpisahan ini dapat terlaksana atas kerjasama dari banyak pihak. Terima kasih kepada kepala SMAN 1 Pinrang yang memberikan izin untuk melaksanakan acara perpisahan Kelas XII pada tahun ini. Kemudian kepada bapak/ibu guru yang juga turut andil dalam mengarahkan dan memberikan kepada para panitia motivasi untuk dapat saling bekerjasama didalam penyelenggaraan acara ini. Dan tak lupa kepada para panitia yang banyak mengorbankan waktu, tenaga maupun pikiran sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT dan Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam acara perpisahan SMAN 1 Pinrang pada tahun ini, terkhusus kepada para panitia yang banyak berkorban  waktu, tenaga maupun pikiran sehingga acara ini dapat terlaksana seperti pada saat sekarang ini”, ungkap ketua pelaksana Muh. Miftahuddin pada laporan ketua panitia.

Kerja keras panitia selama kurang lebih seminggu akhirnya terbayar juga. Tatkala hari yang ditunggu-tunggu datang mrnghampiri. Acara puncak kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 April 2013 di gedung A. Makkoelaoe Pinrang. Pada acara ini, dihadiri oleh lebih dari 500 undangan yang tak lain adalah orang tua kelas XII, para guru, serta para tamu undangan dari lapisan masyarakat dan tak lupa para siswa (i) kelas X SMAN 1 Pinrang yang tak lain merupakan alumni peserta LDK Angk. XXXIII.

Perpisahan adalah hal yang setiap orang tidak menginginkannya. Seburuk apapun keadaan kita, dalam lubuk hati yang paling dalam, kita tidak ingin berpisah darinya. Pertemuan dan perpisahan adalah satu paket yang pasti tidak dapat dipisahkan. Dalam dunia pendidikan, perpisahan biasanya diisi dengan acara dimana semua orang berkumpul dan saling berbagi hal-hal yang telah dilewati bersama. 

“Selamat jalan anak-anakku kelas XII, perjalan kalian masih panjang dan ini merupakan baru langkah awal kalian untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah, semoga kalian dapat sukses dan berhasil diluar sana. Dan ingatlah kenangan hari ini dan sekolah kalian SMAN 1 Pinrang” ujar Kepala SMAN 1 Pinrang dalam kesempatannya menyampaikan sepatah kata untuk kelas XII.

Tahun ini, acara dibuat dan telah disetting dengan begitu menarik dan mengasyikkan. Sebuah acara perpisahan dan persembahan terakhir untuk kelas XII terkhusus dari SMAN 1 Pinrang tentunya yang dikemas sangat menarik berbalut dengan tema “Kemarin adalah Kenangan, Hari ini adalah Hadiah dan Besok adalah Harapan”.

Sungguh acara kisah klasik yang dapat menghipnotis siswa kelas XII. Pada malam hari menjelang acara puncak, para siswa berkumpul di gedung A. Makkoelaoe untuk saling berkumpul dan mereview kembali masa-masa putih abu-abu yang indah,  melihat foto-foto dan video mereka yang begitu konyol, lucu, dan mengharukan. Inilah yang akan menjadi kenangan mereka dihari-hari mendatang. 

“Perpisahan ini hendaknya kita interpretasikan atau kita pahami dalam arti kata sebagai pisah raga dalam masa saja, namun hati kita tetaplah menyatu untuk selamanya” sebuah kutipan kesan dan pesan dari Wahyuni Wahid sebagai perwakilan dari siswa yang ditinggalkan.

“Menurut kami, dalam pelaksanaan ini dapat dikatakan menghampiri kata sempurna, baik dari dekorasi tempat kegiatannya, susunan acaranya serta pembagian undangan yang beredar maupun dari kepanitiaan yang bekerja secara maksimal tentunya dibawah kepemimpinan kak miftah selaku Ketua Pelaksana acara perpisahan tahun ini”, kata Yusdalifah ekayanti yunus selaku Ketua Umum KIR serangkai SMAN 1 Pinrang yang juga ikut dalam kepanitiaan perpisahan kelas XII pada tahun ini.

Disamping semua itu, dalam terselenggaranya acara perpisahan kelas XII ini perlu disyukuri karena kegiatan ini berjalan dengan lancar. Tak lupa pula penampilan dari siswa yang meninggalkan dan siswa yang ditinggalkan yang membuat para audience terkhusus kepada tamu undangan tertatih-tatih menyaksikannya. Selain itu, menjelang akhir acara perpisahan pada tahun ini juga ada sesi unutk mengapresiasikan para siswa kelas XII yang telah mengukir prestasi unutk sekolah tercinta, SMA Negeri 1 Pinrang. (Naskah : Miftah)