Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Monday, June 10, 2013

Pesantren Ramadhan

Marhaban ya ramadhan,setiap takbir ramadhan berkumandang, setiap umat muslim berbondong-bondong menahan nafsu dan dahaga di bulan suci ini pengurus OSIS dan Remus SMAN 1 Pinrang rutin mengadakan kegiatan Pesantren kilat atau Pesantren ramadhan yang dilakukan selama3-4 hari yang terkhusus dilakukan untuk siswa didik baru SMAN 1 Pinrang. Pada tahun ajaran 2012-2013, pengurus Osisdan Pengurus Remus SMAN 1 Pinrang mengadakan pesantren kilat selama 3 hari yaitu pada tanggal 23-26 Juli 2012/3-6 Ramadhan 1433 H.

Kegiatan ini diketuai oleh saudara JasirManarang, sekertaris Cindy Purnamasari dan Elma Fadlilah sebagai Bendahara.Dan dibantu oleh panitia-panitia terpilih dari masing masing perwakilan organisasi yang setia dan ikhlas bekerja walau harus menghabiskan banyak tenaga.

Pembukaan kegiatan dilakukan pada hari pertama pesantren yang langsung dibuka oleh bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Pinrang dan adanya sambutan dari Kepala Dinas Departemen Agama, setelah itu dilanjutkan dengan penerimaan materi-materi yang dibawakan oleh pemateri yang telah disiapkan oleh panitia. Mulai dari guru agama SMAN 1 Pinrang sendiri dan pemateri yang diundang oleh panitia

Selama 3 hari tersebut siswa baru SMAN 1 Pinrang di didik dalam hal keagamaan sesuai dengan motto siswa SMANSA yaitu “Bersatu,Cerdas dan Religius” misi kami tidak hanya ingin unggul dalam kecerdasan akademik dan melupakan kebutuhan rohani kita, melainkan kita harus menyeimbangkan keduanya. Di kegiatan ini siswa baru masing-masing diberi poin dan akan selalu berkurang dan bertambah sesuai kelakuan atau apa yang mereka lakukan selama kegiatan ini berlangsung, kekurangan poin jika terlambat dan dapat menambah poin kembali jikabersedia bertanya atau menjawab saat penerimaan materi sedang berlangsung.

Peserta didik baru tidak hanya dibekali ilmu keagamaan atau hal-hal yang serius lainnya kita juga dapat mengerti bahwa otak tidak selamanya dapat dipaksa untuk bekerja, maka dari itu panitia membuat gebrakan baru, yaitu mengadakan lomba nasyid untuk setiap kelas dan menampilkannya di hadapan juri dan teman-teman seperjuangannya. Hal yang dapat kita petik dari kegiatan ini adalah mereka akan merasakan kebersamaan bukan dengan sesame teman sebaya sajatetapi jugapara seniornya.

Pada hari  terakhir panitia memiliki banyak kegiatan yang lebih seru yakni panitia akan memilih peserta terbaik yaitu peserta yang memiliki poin terbanyak dan memiliki akhlak yang terbaik menurut panitia, reward kita untuk mereka adalah sertifikat pesantrennya langsung kami berikan dan masa depannya bersekolah di SMAN 1 Pinrang terjamin karena for your information jika kita tidak memiliki sertifikat pesantren kita tidak dapat mengikuti UAN itu sebabnya akan ada senior yang juga ikut dalam kegiatan ini demi mendapatkan sertifikat. Mengadakan baksos di panti asuhan, Juga panitia akan mengadakan games kekompakan sembari mengisi waktu sebelum adzan pertanda buka puasa dikumandangkan dan yang paling special kegiatan ini dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan guru-guru SMAN 1 Pinrang dan seluruh jajaran panitiabukankah itu sesuatu yang menarik?Keuntungan yang dapat kita dapatkan dari kegiatan ini sangatlah banyak diantaranya ilmu kita semakin bertambah karena dibekali pelajaran-pelajaran keagamaan, keimanan kita sebagai umat muslim semakin kuat, kita dapat mengisi waktu luang kita dengan kegiatan yang berguna, kita dapat meningkatkan solidaritas antara satu dengan yang lain, dan yang paling penting dapat mempererat tali silaturahmi antara siswa baru dan senior dan antara siswa baru dan guru-guru. So what are you waiting for? C’mon join us.. (Naskah:Cindy)