Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Sunday, September 01, 2013

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.. Terima kasih sobat sudah mau mampir membaca blog saya. :) Baiklah, dalam posting kali ini saya akan membahas mengenai Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa adalah kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini menjadi acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku, karena kamus ini merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan yang paling akurat yang pernah diterbitkan oleh penerbit yang memiliki hak paten dari pemerintah Republik Indonesia. Hingga saat ini sejak KBBI terbit pertama kali pada tahun 1988 sudah mengalami tiga kali revisi. Edisi terakhir adalah edisi keempat yang cetakan pertamanya diterbitkan pada tahun 2008.
Pada tahun 2008 Pusat Bahasa juga menyediakan KBBI edisi III dalam format daring. Tujuan dari KBBI ini adalah untuk memudahkan akses bagi para pengguna Bahasa Indonesia untuk dapat menggunakan KBBI dimanapun dan kapanpun di seluruh dunia, tanpa menggunakan versi cetak KBBI. Halaman situs KBBI dapat diakses pada alamat situs Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Jaringan.

Dan Ebsoft.web.id (yang ditulis oleh Ebta Setiawan) menerbitkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam versi Offline dan dapat digunakan tanpa koneksi jaringan internet. KBBI offline tersebut telah dibuat dalam 5 versi, versi pertama ditulis pada artikel KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Gratis pada 3 September 2010, versi kedua 7 Juni 2011, versi ketiga 21 Juni 2011, versi keempat 8 November 2012, dan versi terbaru KBBI Offline v.1.5 pada 15 Februari 2013. Namun terdapat error pada Windows ketika menggunakan Versi 1.5 ini, yang ditulis Ebta Setiawan pada Ebsoft.web.id dalam artikel KBBI Offline 1.5.1:
Jika anda menggunakan salah satu software buatan saya KBBI Offline, mungkin yang cukup jeli pernah mengalami ada suara notifikasi yang hilang dari windows. Misalnya ketika mengetik di MS Word dan mau ditutup tetapi belum tersimpan, muncul pesan, tetapi suaranya hilang. Di versi 1.5.1 ini masalah tersebut sudah diperbaiki.
Nah.. Jika anda tertarik untuk menggunakan KBBI Offline dari Ebsoft.web.id ini, silahkan download pada link berikut ini :

KBBI Offline 1.5.1 [Portable] [Setup]
KBBI Offline 1.5     [Portable] [Setup]
KBBI Offline 1.4     [Portable] [Setup]
KBBI Offline 1.3     [Portable] [Setup]
KBBI Offline 1.2     [Portable] [Setup]
KBBI Offline 1.0     [Tidak Tersedia Lagi]
KBBI Online             [Disini]

Pada Versi 1.5 dan 1.5.1 terdapat Regular Expressions (RegEx) yang merupakan vitur terbaru dan sangat berguna dalam pencarian kata, baca Mengenal Regular Expressions (RegEx) untuk lebih lengkapnya.

Jika ada kritik, saran, atau sesuatu yang perlu ditanyakan tentang artikel kali ini silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Terima kasih dan sampai jumpa.