Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Tuesday, July 02, 2013

Detik-detik UAN


Ujian nasional adalah sebuah langkah yang harus ditempuh oleh semua siswa SMA, ketika sudah memasuki kelas XII SMA maka bayang-bayang ujian nasional terus menghantui, karena semua pihak selalu mengingatkan tentang waktu ujian nasional yang terus mendekat dan semakin susah soal-soalnya.

Setelah sempat mendapatkan reaksi yang sangat“bersemangat” baik dari para siswa dan guru, namun pada akhirnya UAN yang awalnya dibayangkan lancar mengalami berbagai kendala yaitu kedatangan soal UAN yang lambat dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini membuat para siswa SMA Negeri 1 Pinrang kecewa dengan tidakan pemerintah. 

“Sebenarnya rasa takut, rasa gugup untuk menghadapi UAN pasti ada tapi bagaimana sikap kita sebagai siswa kelas XII mengubah arah pikiran kita sehingga perasaan tersebut bisa hilang. Tapi pada akhirnya keterlambatan soal UAN yang membuat kami kecewa” ujar Daniel Patasaung (siswa kelas XII IPS 2). 
Ternyata keterlambatan soal UAN sangat berakibat fatal bagi psikologis siswa kelas XII yang akan mengikuti UAN.

“Pengalaman tahun ini yahh, untuk pemerintah kita sudah melihat dampak dari UAN tahun ini dan semoga UAN 2014 nanti lebih baik dari UAN tahun ini. Semoga tidak ada lagi keterlambatan soal UAN” ujar Zulfikar (siswa kelas XII IPA 3)

Namun pada akhirnya dengan keterlambatan soal UAN, bisa menjadi cambuk untuk pemerintah agar semua persiapan dalam rangka UAN lebih dipermantap dan matang. Setelah mendapat reaksi kecewa dari para siswa akhirnya dengan semangat yang tidak seperti dari semangat awal saat ingin menghadapi UAN mereka mampu menjawab soal-soal UAN dengan tenang.

Akan lebih berat lagi perjuangan untuk kelas XI dan X di tahun kedepannya, hal ini bukan untuk dijadikan beban yang menuntut kita untuk merasa tertekan. Melainkan ini adalah sebuah tantangan. 

Untuk kelas XI dan X persiapkan diri kalian untuk UAN tahun depannya, mungkin permasalahan pada UAN juga tidak memungkinkan dapat terjadi di tahun-tahun yang akan datang. Oleh karena itu persiapan dan kesiapan kita untuk UAN adlah modal yang paling utama. Setalah melewati satu langkah yang sangat panjang ini masih ada langkah selanjutnya untuk menempuh perguruan tinggi yang di inginkan, oleh karena itu kita harus siap dan siap untuk menghadapi yang namanya UAN. (Naskah:Yusdalifa)