Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Monday, June 17, 2013

Jalur Prestasi Penerimaan Siswa Baru SMA Negeri 1 Pinrang

Suasana tes bakat untuk siswa baru SMA Negeri 1 Pinrang 2013/2014
Afikaaa… ada yang baru nih !! yap ada yang baru dari penerimaan siswa baru di sekolah kita tercinta SMAN 1 Pinrang, jika dulunya seluruh calon siswa baru hanya di tes tertulis kali ini pihak sekolah sadar bahwa kita tidak dapat menilai seseorang hanya dengan kecerdasan otaknya saja tetapi juga kita harus mempertimbangkan bakat yang mereka miliki, nah untuk tahun ini penerimaan siswa baru SMAN 1 Pinrang ada 2 tahap nih yaitu Tes Bakat dan Tes tertulis. Gebrakan baru sekolah kami ada tes bakan ini nih.

Pada tahap ini, para pendaftar harus memiliki sertifikat lomba yang pernah diikuti atau sertifika juara lomba yang telah ia menangi, sertifikat itu harus diikutsertakan pada saat pengumpulan berkas disertai dengan rapornya dan berkas-berkas lainnya ,tapi tidak semudah itu masih akan ada tes yang dilakukan untuk para pendaftar tersebut sesuai dengan bakat mereka masing-masing. Para penilainya merupakan jajaran guru SMAN 1 Pinrang contohnya para guru olahraga akan menjadi penilai bakat dibidang olahraga, guru seni akan menjadi tim penilai untuk peserta yang memiliki bakat seni begitu pula pada calon siswa baru yang memiliki bakat akademik yang terbagi lagi menjadi beberapa bagian seperti biologi, fisika dll yang akan di tes oleh guru-guru mata pelajaran tersebut.

Pada saat Tes bakat tersebut berlangsung kami dari tim jurnalistik SMAN 1 Pinrang telah meliput kegiatan tersebut dan melakukan wawancara dengan beberapa calon siswa baru yang akan melakukan  tes bakat dan member sedikit pertanyaan lah untuk mereka.

Tes bakat bidang olahraga bela diri
Salah satunya adalah saudara Asriadi Abbas yang berasal dari SMPN 1 Pinrang dan memiliki bakat silat ini mengatakan ia memilih bersekolah di SMAN 1 Pinrang karena SMAN 1 Pinrang memiliki organisasi silat sehingga ia dapat mengasah kemampuannya dalam bela diri silat berhubung karena ia telah banyak memenangi lomba bela diri ini dan juga SMAN 1 Pinrang ini merupakan salah satu sekolah favorit di Pinrang, katanya. Betulkah begitu? Pastinya!! begitu pula dengan Firdha Ramadhani cewek yang memiliki bakat volley ini memiliki pendapat yang sama dengan saudara Asriadi ‘karena SMA 1 ini salah satu sekolah favorit di Pinrang” kata siswi yang berasal dari SMP 5 Pinrang ini.

Kami juga mewancarai saudari Sri Wahyuni yang berbakat di bidang kemampuan berbahasa Inggris, siswi SMPN 1 Pinrang ini mengatakan ia sudah pernah mengikuti beberapa lomba bahasa inggris dalam kategori speech di tingkat kabupaten. Kami dari Tim Jurnalistik sempat kaget karena bukan hanya pujian yang kami terima tetapi,tidak sedikit dari calon siswa baru mengeluh akan pelayanan panitia saat proses pendaftaran. Alasannya karena lamanya menunggu dan lelahnya mereka bolak balik dari SMAN 1 Pinrang ke SMPnya masing-masing untuk mengambil berkas jika berkas yang mereka ajukan kurang lengkap. Pendapat itu kami dengar dari salah satu pendaftar yaitu saudari Indah Permatasari dari bidang basket. Tetapi menurut kami itu hal yang lumrah, jika tidak ingin repot kenapa memilih SMAN 1 Pinrang? Its just our opinion anyway.

Kembali ke laptop, kami dari tim jurnalistik juga melakukan wawancara setelah tes dilakukan dan kami mewawancarai saudari Regina Febrianti  yang sempat merasa tegang saat di tes tadi mengatakan bahwa tes yang diberi tadi cukup sulit tetapi ia telah puas dengan apa yang ia lakukan di tes tadi dan ia berharap bias diterima di SMAN 1 Pinrang.

Itulah inovasi terbaru yang dilakukan oleh SMAN 1 Pinrang, kita berharap semoga ditahun tahun kedepan SMAN 1 Pinrang dapat lebih baik dan lebih sukses lagi.(Naskah: Cindy)