Blog ini pindah ke Maringngerrang.com

Saturday, June 22, 2013

Big Event

Smansa Basket Ball Organisation (SBO)
SMANSA CUP II 2013

Pinrang-Smansa Cup II merupakan ajang invitasi bola basket yang dilaksanakan di Kabupaten Pinrang.Sebelumnya Smansa Cup berorientasi hanya untuk se-kabupaten Pinrang. Dan tahun ini Smansa Cup II di adakan se-Ajatappareng, dimana selain kabupaten Pinrang tedapat tim dari kabupaten lain. Contohnya, kabupaten Barru, Pare-pare, Sidrap dan yang lainnya. Dengan jumlah peserta sebanyak 30 tim yang berasal dari berbagai daerah dan sekolah se-Ajatappareng. 

Ajang bergengsi ini dilangsungkan pada tanggal 3 s/d 11 Mei 2013 di dua Lapangan bola basket  berbeda yakni di Lapangan Lasinrang Pinrang dari pukul 15.30 WITA hingga 21.00 WITA dan di Lapangan Basket SMA Negeri 1 Pinrang dari pukul 15.30 WITA hingga 17.30 WITA. Dengan menggunakan sistem setengah kompetisi, tim dibagi dalam beberapa grup dan yang menjadi pemenang dalam grup akan melangkah ke perempat final. Sekitar 35 siswa-siswi SMA Negeri 1 Pinrang yang menjadi Panitia dalam kegiatan tersebut yang merupakan anggota dari Smansa Basket Ball Organization.

Dengan di dampingi oleh guru olahraga SMA Negeri 1 Pinrang selaku pembina, diantaranya (WARNING). Panitia melibatkan guru-guru olahraga se-kabupaten Pinrang yang memang telah mengikuti pelatihan guru olahraga untuk menjadi wasit dalam kegiatan Smansa Cup ini, hal ini bertujuan agar kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses. 

“Smansa Cup II bertujuan sebagai media untuk mempererat tali persahabatan antara sesama pemain bola basket antar sekolah, dan sarana penyaluran bakat-bakat pemain bola basket se-Ajatappareng. Kami mengambil sebuah terobosan, Smansa Cup yang dulunya dilaksanakan hanya se-Kabupaten Pinrang sekarang kami laksanakan se-Ajatappareng agar kami dapat mempererat tali persahabatan sesama pemain basket tidak hanya se-Kabupaten Pinrang tapi juga se-Ajatappareng”.  Tutur Teguh Eko Putra selaku Ketua panitia.

“Yang menjadi kendala terbesar dalam kegiatan ini adalah kegiatan hanya dapat dilangsungkan di dua lapangan saja, sedangkan sistem yang digunakan adalah sistem kompetisi. Hal ini menyebabkan ada beberapa tim yang bermain pada sore harinya dan bermain lagi pada malam harinya. Sehingga peserta akan merasa sangat lelah”. Drs. Darmawan menjelaskan.


Disisi lain, walaupun Smansa Cup II pesertanya dominan diikuti oleh tim-tim bola basket dari Sekolah Menengah Atas dan sederajat. Ada juga Sekolah Menengah Pertama yang nekat mengikuti Smansa Cup II.
“Kami ingin menunjukkan bahwa siswa SMP itu dapat berprestasi walaupun ditengah siswa SMA. Kami berharap dengan mengikuti Smansa Cup ini kedepannya saat menghadapi lawan yang lebih sulit kami tidak akan canggung lagi. Dan tentunya kami akan berusaha agar bisa menjadi pemenang”. Seru tim basket putri SMP Negeri 1Pinrang yang ditemui seusai bertanding.

Ada pun yang keluar sebagai pemenang ialah sebagai berikut SMAN 1Pinrang (Juara I), SMAN 1 Pancarijang (Juara II),dan SMKN 1 Pinrang (Juara III) kategori basket Putra. Dan SMAN 1Pinrang (Juara I), SMPN 1 Pinrang (Juara II), dan SMKN 2 Pinrang (Juara III) untuk kategori Putri. Yang Muda yang Berprestasi. (Naskah: TJ)